Apakah Bisnis Online Anda Legal?

Apakah Bisnis Online Anda Legal?

Akhir-akhir ini membuka bisnis online telah menjadi sangat mudah. Kamu dapat menggunakan layanan seperti Toko-Toko dan Magento yang dapat membantu kamu membuat situs web dan gateway pembayaran, sementara marketplace seperti Amazon dan AliExpress memungkinkan kamu menempatkan produkmu di depan khalayak global.

Ketika hendak memulai toko online, kamu pasti masih bertanya-tanya apakah membuka toko online atau berjualan di marketplace perlu mengurus izin usaha online atau tidak?  

Dalam banyak hal, bisnis online tidak berbeda dengan toko “brick and mortar”, karena memerlukan lisensi maupun izin pemerintah yang sama. Tetapi ada beberapa perbedaan penting yang harus diwaspadai oleh wirausahawan digital sebelum meluncurkan bisnis mereka.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu cari sebelum memulai bisnis online-mu.

 

Lisensi sebagai sarana perlindungan hukum bisnis kamu

Dengan memiliki izin atau legalitasi, kamu dapat mencegah sanksi hukum yang tidak terduga. Dan dengan adanya izin atau legalitasi dapat membantu kamu meningkatkan omset pendapatan. Oleh karena itu akan sangat membantu jika kamu mengetahui langkah-langkah hukum yang tepat sebelum memulai bisnis.

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP): SIUP merupakan bentuk perizinan perdagangan yang wajib dimiliki setiap pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha perdagangan. Ini merupakan langkah pertama untuk memulai bisnis. Sejak tahun 2017 pemerintah memberikan kemudahan dimana pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan. Dan dalam proses penerbitannya,pelaku usaha yang mengajukan SIUP tidak dipungut biaya alias gratis.

 

  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP): Sesuai Undang-Undang, pemerintah mewajibkan semua perusahaan perseroan terbatas (PT dan PT PMA), perusahaan asing yang berlokasi di Indonesia, koperasi, pemilik usaha perorangan, dan lainnya untuk melakukan pendaftarkan TDP. Pendaftararan TDP ini dapat dilakukan di KPP (Kantor Pendaftaran Perusahaan) terdekat.

 

  • Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE): Sistem pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik  atau PSE diluncurkan oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatik (Kominfo) bekerja sama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (IDEA). PSE ini berguna untuk melindungi semua pelaku bisnis e-commerce baik itu anggota IDEA ataupun non-anggota IDEA.

 

  • Dapatkan lisensi atau izin industri khusus: Beberapa profesi membutuhkan lisensi bisnis khusus yang dikeluarkan negara. Untuk mendapatkan lisensi atau izin tersebut pada umumnya pihak pemohon harus menunjukkan keterampilan atau mengikuti pelatihan tertentu termasuk perawatan medis, hukum, real estat, atau lelang. Jadi, jika bisnis yang kamu miliki melibatkan pengiriman hewan atau tumbuhan melintasi batas negara, maka kamu harus mengajukan permohonan izin khusus.

 

  • Izin BPOM: Izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dibutuhkan bila pedagang melakukan penjualan makanan olahan sendiri.

 

Menulis Syarat & Ketentuan:

Perbedaan paling terlihat antara bisnis online dan offline terletak pada privasi, keamanan, hak cipta, dan perpajakan. Peraturan-peraturan yang tekait hukum seperti hak cipta periklanan online akan tetap berlaku walaupun kamu tidak melakukan penjualan melalui toko online kamu sendiri. Jika kamu menggunakan situs web untuk jenis bisnis apa pun, maka kamu perlu mencantumkan syarat & ketentuan tentang layanan kamu. Ini akan melindungi kamu dari segala macam keluhan dan sanksi hukum.

Menulis Syarat & Ketentuan

 

Ringkasan

Bila kamu ingin memulai bisnis online dari nol, seperti membuat situs web sendiri, mencari gudang, membeli produk, atau membuat produk, maka kamu melakukan penelitian tentang poin-poin di atas. Kamu juga dapat meminta masukkan dari teman, atau bergabung ke beberapa komunitas yang dapat membantu kamu dari waktu ke waktu.

Ketika kamu memilih platform e-commerce yang cocok untuk memulai bisnis online, kamu juga harus mempertimbangkan dukungan legalisasi apa yang mereka miliki. Jika kamu memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara untuk memulai bisnis online yang terlegalisasi maka jangan ragu-ragu untuk mengontak Cutomer Service Toko-Toko. Kami siap untuk membantu kamu kapan saja.

 

 

Selanjutnya :  Tidak perlu lagi menyetok barang!
Sebelumnya :  Metode Rahasia Pencintraan Merek Toko

About the author

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: