Melakukan Riset Pasar

Melakukan Riset Pasar

Ketika membuka sebuah toko, baik itu online maupun offline, kamu akan selalu memiliki produk untuk dijual dan konsumen untuk membeli produk kamu. Di hampir semua situasi, akan ada pesaing yang menawarkan produk serupa dengan toko kamu, dan mereka akan menargetkan kisaran konsumen yang sama. Untuk menjual produk kamu lebih dari pesaing kamu dan mengembangkan bisnis, sangatlah penting untuk mempertimbangkan variasi produk kamu sejak awal perencanaan bisnis.

Riset pasar adalah alat yang ampuh untuk memahami situasi pasar saat ini dan membantu menentukan di mana dan siapa konsumen kamu, dan bahkan membantu kamu memahami kapan tepatnya mereka cenderung dan mau membeli produk kamu.

 

Riset Pasar

Kegagalan melakukan riset pasar sebelum meluncurkan layanan kamu seperti melakukan perjalanan dari Jakarta ke Paris tanpa memiliki peta dan tiket penerbangan. Dengan merencanakan dengan baik sebelum memulai sebuah bisini, kamu dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi dalam bisnis kamu dan mengarahkan produk yang kamu tawarkan untuk memiliki pertumbuhan bisinis yang lebih cepat.

Ketika kamu melakukan riset pasar, kamu dapat menggunakan hasil riset untuk membuat rencana pemasaran maupun untuk mengukur keberhasilan rencana kamu saat ini. Dengan mengajukan pertanyaan yang tepat, dengan cara yang benar, ditujukan kepada orang yang tepat, maka prediksi akan lebih akurat. Berikut adalah beberapa dasar tentang riset pasar yang harus kamu ketahui sebelum memulai dan beberapa kesalahan perlu untuk dihindari.

 

Jenis Riset Pasar

 

①Primary Research

Primary Research merupakan data yang dikumpulkan dan dilakukan oleh kamu senditi. Data diperoleh dengan melakukan kuesioner dan wawancara. Riset ini juga disebut penelitian kualitatif. Dan pokok riset ini berfokus pada kapan, di mana, dan kepada siapa kamu harus menjual produk kamu.

SNS Messaging

  • SNS Messaging:  Menemukan sumber dari layanan jejaring sosial sangat efektif untuk mengumpulkan audiens. Misalnya, profil Linkedin memberikan informasi detail tentang audiens kamu. Melalui profil di SNS kamu dapat menentukan orang yang tepat sebelum melakukan riset. Kamu dapat menggunakan platform SNS yang berbeda seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dan Youtube tergantung pada preferensi target konsumen kamu. Jangan lupa untuk menggunakan platform SNS secara bijaksana untuk mengumpulkan data yang kamu inginkan.

Situs Survei Online

  • Situs Survei Online:  Seperti Survey Monkey, beberapa perusahaan menyediakan layanan survei online yang dapat membantu kamu untuk melakukannya riset dengan mudah. Kamu dapat menyesuaikan kuesioner dan daftar jawaban sesuai keinginan. Kamu juga dapat menargetkan audiens kamu.

Posting di Platform Acara Meetup

  • Posting di Platform Acara Meetup:  Dengan memposting acara di platform pertemuan seperti, MeetUP, Eventbrite, dan Peatix, kamu dapat mengadakan kumpul grup guna untuk mendapatkan masukan tentang produk kamu. Layanan ini sangat efektif untuk memberikan kesempatan untuk terhubung dengan orang yang memiliki minat yang sama.

Melakukan kunjungan

  • Melakukan kunjungan:  Perlu dikatakan bahwaIni merupakan salah satu cara yang bagus untuk menemukan jawaban yang tepat untuk kamu. Tidak peduli seberapa nyamannya layanan komunikasi, interaksi tatap muka tidak pernah memudar. Mari kunjungi para ahli untuk mendapatkan wawasan yang bermanfaat serta kunjungi toko-toko dan bazaar di area target kamu dan lihat bagaimana reaksi konsumen terhadap produk-produk pesaing. Kamu akan selalu dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dengan komunikasi tatap muka secara langsung tidak peduli sebagaimana nyamannya layanan komunikasi yang tersedia.

 

 

②Secondary Research

Secondary Research adalah proses mencari data yang sudah ada. Data diperoleh dengan mengumpulkan data yang diperoleh pada masa lalu seperti survei statistik dan informasi IR perusahaan. Riset ini berfungsi sebagai penelitian kuantitatif dan cara untuk mengetahui tren pasar dan konsensus di antara target pasar kamu. Berikut adalah beberapa opsi untuk mengumpulkan data sekunder secara online.

 

  • Situs Resmi Pemerintah:  Pemerintah lokal kamu sering membuka sumber informasi tentang transisi populasi di wilayah targe, juga memberikan data demografis seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, status keluarga, dan sebagainya.

 

  •  Jurnal Ekonomi:  Jurnal Ekonomi juga merupakan metode yang sangat berguna untuk mengumpulkan konsensus pasar. Saat ini, sebagian besar jurnal bersedia membuka artikel mereka secara online sehingga kamu dapat dengan mudah mengakses nomor yang kamu butuhkan.

 

Secondary Research sangat berguna untuk menemukan di mana dan bagaimana cara melakukan perjalanan bisnis kamu, masih perlu diingat bahwa statistik hanya berfungsi sebagai penunjuk. Sebagaimana ramalan cuaca yang tidak selalu 100 persen akurat, statistik hanya sebuah perkiraan untuk waktu dekat.

  

 

Mulai dari mana?

Ketika kamu akan memulai sebuah toko online, sangat disarankan melakukan riset sekunder terlebih dahulu untuk menangkap keseluruhan ukuran dan tren pasar. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menemukan pesaing kamu dan strategi yang mereka gunakan. Setelah melakukan riset sekunder dan memahami bidang tersebut, kamu dapat melakukan riset utama untuk mempersempit target dan membedakan layanan kamu dengan yang lain.

Terakhir, harap diingat bahwa riset pasar berguna tidak hanya pada tahap awal perencanaan bisnis, tetapi kamu juga harus terus menganalisis untuk memeriksa apakah bisnis kamu berada di jalur yang benar pada setiap fase kegiatan bisnis kamu. Jika iklim pasar berubah, kamu harus menyesuaikan dengan cepat untuk bertahan hidup. Riset pasar akan selalu membantu kamu memprediksi kondisi pasar dan memilih keputusan yang tepat.

 

 

Selanjutnya :  Temukan Niche Market
Sebelumnya :  Semua tentang toko online?

About the author

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: