Membina Hubungan Dengan Pelanggan

CRM adalah arti Hubungan Pelanggan

Seperti yang kamu ketahui, membina hubungan baik dengan pelanggan sangatlah penting, hubungan yang baik dapat membantu meningkatkan laba, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Hospitality adalah salah satu hal penting ketika kamu ingin menjual layanan kamu.

Customer Relationship Management (CRM) /Manajemen Hubungan Pelanggan, dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori. Customer Service / Pelayanan Pelanggan dan Customer Experience/Pengalaman Pelanggan. Dengan memahami dengan benar dua metode ini akan membantu kamu untuk mengikat aliansi dengan pelangganmu.

 

Customer Service/Pelayanan Pelanggan

Layanan pelanggan umumnya merupakan hub komunikasi satu arah. Seperti fungsi obrolan lain kamu dapat berbincang langsung dengann layanan agen layanan pelanggan resmi bila terjadi permasalahan. Sebagai pemilik toko, akan sangat penting bagi kamu untuk memahami alur kerja cara membangun layanan pelanggan yang efektif.

① Buat daftar

Ketika kamu mulai merespon suara pelanggan, kamu akan bagian mana yang perlu untuk ditingkatkan. Feedback negatif adalah bagian yang perlu untuk diperbaiki. Dengan melakukan riset utama (primary research), (silakan cek artikel tentang Melakukan Riset Pasar untuk mempelajari lebih lanjut tentang riset utama ), kamu dapat menemukan cara yang benar untuk membuat daftar permasalahan.

② Buat Template Solusi

Feedback negative pasti memiliki solusi. Setelah solusi telah ditemukan, buat template solusi untuk dibagikan.

Contoh
● Instruksi:  Siapkan panduan dan unggah di situs kamu.
● Video Petunjuk:  Buat video singkat dan kirimkan ke pelanggan kamu.

Mari gabungkan layanan person-to-person dan layanan otomatis untuk memperkuat layanan pelanggan kamu.

③ Ukur dan Tingkatkan

Dengan memeriksa kinerja layanan pelanggan kamu secara berkala, kamu dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Tanpa mengaudit alur kerja ini, layanan pelanggan kamu tidak akan pernah menjadi lebih baik, atau bahkan lebih buruk lagi, kamu dapat kehilangan pelanggan. Mari luangkan waktu untuk meninjau daftar feedback kamu secara berkala.

 

Customer Experience / Pengalaman pelanggan

Sebaliknya, pengalaman pelanggan pada dasarnya adalah hubungan jangka panjang. Tidak seperti bantuan singkat, hal ini memerlukan rencana. Ketika kamu mempelajari Pencitraan Merek atau Niche Market di artikel sebelumnya, pengalaman pelanggan terkait erat dengan proses interaksi antara kamu sebagai pemilik toko dan pelanggan kamu ketika melakukan pembangunan citra merek. Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, kamu perlu mengingat poin-poin berikut:

①Interaktif

Komunikasi interaktif sangat erat kaitannya dengan pengalaman pribadi. Ketika kamu terbuka pada pelanggan kamu, pelanggan kamu juga akan terbuka. Siapkan beberapa platform untuk berinteraksi dengan pelanggan kamu.

● SNS: Saat ini, situs jejaring sosial (SNS) adalah platform paling populer untuk menunjukkan pemikiran dan berinteraksi dengan pelanggan kamu. Pilihlah platform SNS untuk berkomunikasi dengan pelanggan kamu secara bijaksana. Jika kamu ingin mengetahui lebih detail tentang Pemasaran Sosial Media.
● Event : Bahkan bila bisnis kamu adalah bisnis online, sangat penting untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda secara offline. Kamu dapat membuka stan di bazaar dan menunjukkan produk kamu. Pelanggan kamu dapat menyentuh dan merasakan produk yang kamu tawarkan secaara langsung. Komunikasi tatap muka selalu sama pentingnya dengan komunikasi online.

②Selalu konsisten

Konsistensi adalah salah satu faktor terpenting. Selama kamu dapat mempertahankan citra merek dalam arah yang benar, pelanggan dapat mengenali merek kamu dengan baik. Hati-hati pada apa yang kamu nyatakan di setiap platform sosial media.

 

Pelayanan Pelanggan dan Pengalaman pelanggan adalah kunci keberhasilan

Kunci Sukses

Terakhir, bagian paling penting dalam membina hubungan pelanggan adalah cepat dan sering.

Sebagian besar kritik terhadap layanan kamu akan datang ketika kamu terlambat membalas dan tidak konsisten. Semua yang disebutkan di atas terkait dengan respons yang cepat dan sering. Cepat untuk melakukan sapaan. Cepatlah mengucapkan terima kasih. Cepat untuk minta maaf. Cepat untuk memperbaikinya. Seringlah melakukan pembaharuan. Seringlah melakukan promosi.

Hubungan dengan pelanggan tidak bisa dibangun dalam waktu satu hari. Tidak peduli apa, kritik yang kamu akan dapati. Bersabarlah dan tetaplah tersenyum, kemudian ikuti strategi layanan pelanggan yang telah kamu buat. Tetaplah aktif, jujur. dan sopan. Hingga akhirnya, pelanggan akan mulai mempercayai kamu.

 

 

Selanjutnya : Manajemen Waktu
Halaman sebelumnya: Pemasaran Sosial Media

About the author

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: