Metode Rahasia Pencintraan Merek Toko

Metode Rahasia Pencintraan Merek Toko

Apakah pesan branding yang kamu berikan memiliki pengartian yang sama oleh setiap audiens kamu? Jika kamu tidak memiliki panduan yang jelas tentang merek dagang kamu maka akan membuat audiens-mu kebingungan. Branding adalah metode yang sangat diperlukan untuk menyebarkan orisinalitas tokomu dan untuk merebut hati banyak calon konsumen. Dengan memperjelas ekspektasi terhadap merek dengan terus memastikan bahwa semua karya, logo, tweet, dan iklan sesuai dengan panduan pencitraan merek, maka kamu dapat mencegah ketidakcocokan pesan terhadap merek.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara branding tokomu. Untuk mengetahui secara mendalam tentang branding, pertama-tama mari kita gali arti kata “brand/ pemerekan“.

 

Pemerekan adalah profil toko.

Apa itu “Pemerekan”? Berikut adalah kutipan dari Wikipedia.

Pemerekan adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen.”    

(Dikutip dari wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Pemerekan, 3 Sep 2018)

Ok, untuk membuat lebih mudah dipahami, mari kita anggap “merek” sebagai seseorang.

Nama saya Joe Henderson. Saya seorang petugas pemadam kebakaran. Saya mengenakan jaket tahan api putih ketika saya bekerja. Dan saya tidak pernah gagal menyelamatkan korban dalam kecelakaan kebakaran selama 40 tahun bekerja.

Pemerekan adalah profil toko

Dari kalimat di atas, kamu dapat langsung mengetehui siapa itu Joe Henderson dalam hitungan detik, dan kamu juga dapat membayangkan kepribadiannya. Kamu mungkin membayangkan bahwa,

Joe Henderson adalah seseorang yang sangat kuat, kaku, dan dapat diandalkan yang akan menyelamatkan hidup saya ketika terjadi kecelakaan kebakaran. Dan, dia juga memiliki keluarga dan seorang ayah yang baik.

 

Sebuah merek merepresentasikan profil produk, layanan, dan bahkan perusahaan itu sendiri. Sebuah merek juga mengidentifikasi kualitas seperti apa yang akan didapat oleh konsumen.

Logo toko adalah wajah toko

Logo toko adalah wajah toko.

Dalam kasus Joe Henderson, wajahnya mewakili logo. Dalam kasus ini kamu dapat membayangkan bahwa Joe adalah seseorang kuat dengan rambut pendek, berwajah dewasa dan percaya diri. Jika ia berwajahnya seperti gadis kecil dengan rambut panjang, maka bukankan akan sangat membingungkan dan berbeda dengan pekerjaan serta kepribadian Joe.

 

Pesan adalah suaramu.

Joe berkata, “Saya adalah seorang petugas pemadam kebakaran dan saya percaya diri dapat menyelamatkan seseorang dari kecelakaan kebakaran”. Perkataan diatas adalah pernyataan atas misinya yang konsisten dan masuk akal serta sesuai dengan karakternya sebagai seorang pemadam kebakaran yang hebat. Sama seperti pernyataan yang dikatakan oleh Joe, pesan merek akan mewakili merek dihadapan calon konsumen. Bayangkan jika Joe mengatakan “Saya adalah seorang pemadam kebakaran tapi saya hanya bisa push-up sebanyajk 5 kali …”. Kami pikir Joe akan kehilangan reputasinya.

 

Produk adalah tubuh dan layanan adalah perilaku kamu.

Layanan yang diberikan oleh Joe sangat jelas “menyelamatkan kehidupan dari kecelakaan kebakaran.” Perilakunya sebagai seorang pemadam kebakaran akan membentuk keseluruhan citra dan reputasi tentang Joe Henderson sebagai merek. Semua tindakan dan perilaku yang dilakukannya mengarah pada kepercayaan konsumen yang akan menjadi bagian besar dari pencitraan merek toko kamu.

 

Produk adalah tubuh dan layanan adalah perilaku kamu

Temukan pekerjaan sebagai pemecahan masalah.

Sekarang, kamu dapat memahami alasan mengapa tokomu harus konsisten dengan pencitraan merek. Dengan menguraikan secara jelas akan profil merek toko kamu, kamu dapat mencegah ketidakcocokan dan perpesanan campuran pada merek Anda dan membagikan pesan yang sama kepada audiens Anda.

Terutama, pada masa awal perencanaan bisnis, akan sangat baik untuk memulai dari membangun profil merek. Ketika kamu mulai merencanakan bisnis toko online, kamu akan bertanya-tanya apa yang harus dijual. Tentu saja, hal yang paling penting adalah kamu harus menjual apa yang kamu sukai. Selain itu, klarifikasi alasan mengapa kamu ingin menjualnya akan menjadikannya kunci untuk mengidentifikasi merekmu.

 

Konsisten dengan Riset Pasar dan Pemasaran Market Niche dan bangun profil merekmu yang baik. Sekali lagi, konsistensi adalah rahasia terpenting branding/ pemerekan.

 

 

Selanjutnya :  Apakah Bisnis Online Anda Legal?
Sebelumnya :  Temukan Niche Market

About the author

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: