Pemasaran Sosial Media

Pemasaran Media Sosial juga disebut pemasaran SNS

Seperti yang kamu ketahui, calon pembeli berinteraksi dengan merek melalui platform sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Pemasaran melalui sosial media yang baik dapat membawa keberhasilan bisnis, serta menciptakan pelanggan merek, dan lebih lanjut mempromosikan prospek dan penjualan.

 

Memilih Platform SNS

Saat ini platform sosial media adalah sebuah platform yang kuat untuk menyampaikan konten kamu kepada pemirsa atau calon pembeli. Jenis platform media sosial yang harus digunakan tergantung pada jenis konten. Situs pemasaran media sosial yang berbeda memerlukan pendekatan dan cara pengembangkan strategi unik yang disesuaikan untuk setiap platform.

 

Facebook adalah salah satu platform SNS paling terkenal di dunia. Dengan membagikan gambar, video, dan ide, kamu dapat mengirim pesan ke seluruh dunia. Untuk platform yang santai dan ramah ini, kita memerlukan strategi pemasaran media sosial yang proaktif. Sampaikan citra merek yang konsisten dengan membuat halaman penggemar bisnis Facebook lalu gunakan untuk mengumumkan event, berita dan acara lainnya.

 

Instagram versi kompak dari Facebook dengan penekanan pada pengguna seluler dan berbagi konten visual. Instagram adalah platform SNS No.1 di kalangan pengguna berusia 20-30 tahun. Alasan mengapa Instagram begitu populer di seluruh dunia adalah bahwa para pengguna dapat langsung mengirimkan topik yang lebih tepat waktu, mengabadikan momen dengan gambar dan film serta membagikannya ke seluruh dunia.

 

Twitter adalah sebuah platform untuk menyampaikan pikiran kamu tentang dunia dan berbicara langsung dengan pelanggan kamu. Menge-Tweet pembaruan dan menanggapi tweet dari bidang yang terkait dengan merek kamu, kamu dapat memperdalam keterlibatan kamu dengan audiens. Selain informasi khusus dan diskon, sapat pula dicampur dengan tweets dengan atmosfir lucu yang dapat membangun interaksi dengan pelanggan. Tanggapi tweet pelanggan dan berkomunikasi sebanyak mungkin.

 

YouTube adalah platform utama yang membuat dan membagikan konten video dan juga dikenal sebagai alat pemasaran media sosial yang sangat kuat. Dengan membuat video petunjuk yang bermanfaat dan membuat video pengenalan produk, lebih banyak calon pelanggan yang dapat merasakan serta mengetahui merek kamu secara intuitif dan lebih dekat. Selain itu, melakukan posting di platform YouTube adalah salah satu cara yang sangat efektif  terhadap pencarian Google SEO. Kamu tidak akan pernah tahu kekuatan video.

 

LinkedIn adalah salah satu situs pemasaran media sosial untuk para profesional. Grup LinkedIn adalah tempat untuk berpartisipasi dalam dialog profesional dengan orang-orang dari industri serupa dan menyediakan tempat untuk berbagi konten dengan pengguna yang memiliki ketertarikan yang sama. Dengan memanfaatkan LinkedIn sebagai situs untuk diskusi serius seperti pernyataan resmi dan pendapat tentang kontribusi sosial, dapat membantu kamu untuk mendapatkan kepercayaan.

 

Mulai dengan sebuah Rencana

Perencanaan sangat penting untuk mencapai keberhasilan. Mari buat rencana sebelum memulai! Memulai kampanye SNS tanpa strategi apa pun seperti bepergian dari Jakarta ke Paris tanpa peta dan tiket penerbangan — Ini bisa menyenangkan, tetapi kamu mungkin akan tersesat.

Merencanakan pemasaran media sosial

 

#1. Siapa target audiens kamu?
Mari kita lihat bagaimana para pesaing dan mitra kamu melakukan promosi di media sosial. Ketahui jenis pemasaran apa yang berhasil mereka lakukan, hal itu akan menjadi panduan untuk rencana kamu. Kamu juga dapat mengecek artikel berikut, Melakukan Riset Pasar: untuk mempelajari lebih lanjut.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut.
● Tanyakan pada pelanggan kamu saat ini, Situs apa yang sering mereka kunjungi dan gunakan.
● Media sosial apa yang digunakan oleh pesaing?
● Cari mitra yang akan membangkitkan kampanye media sosial.

 

#2. Apa gol bisnis kamu?
Mari mulai dengan gambaran BESAR gol kamu dan jelaskan mengapa kamu berada di media sosial sejak awal. Bagi sebagian besar dari kita, gambaran BESAR gol mendapatkan lebih banyak prospek dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Kamu juga dapat mengecek artikel berikut, Temukan Niche Market: untuk mempelajari lebih lanjut.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut.
● Permasalahan apa yang dihadapai oleh audiens yang tidak menggunakan produk kamu?
● Apa solusi ideal untuk mengatasi tantangan ini?
● Topik dan bidang apa yang kamu minati dalam industri bisnis kamu?
● Media sosial apa yang digunakan audiens kamu?

 

#3. Bedakan merek kamu
Sekarang setelah kamu menyelesaikan penelitian dan memeriksa pesaing kamu, inilah saatnya untuk menentukan bagaimana kamu dapat menonjol. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pencitraan merek, kamu dapat mengecek artikel berikut, Metode Rahasia Pencintraan Merek Toko: untuk mempelajari lebih lanjut.

Ikuti langkah dan temukan kekuatan kamu.
● Buat tiga daftar apa yang dilakukan pesaing yang kamu anggap baik.
● Buat tiga daftar mengapa produk kamu lebih unggul daripada pesaing kamu.
● Buat kalimat pengenalan bisnis kamu.
● Platform SNS mana yang bagus untuk memulai strategi kamu?

 

#4. Jabarkan tujuan Anda
Start small and keep it realistic. Once you have made a plan on what contents to create and which SNS platform to start, it is time to make a short-term goal. Short-term goal will always lead us to a big picture goal in the future. Remember, you can always audit your objective by often checking the following numbers on your official social media.

Mulai kecil dan tetap realistis. Setelah kamu membuat rencana tentang konten apa yang harus dibuat dan platform SNS mana yang harus digunakan untuk memulai, sekarang saatnya untuk membuat tujuan jangka pendek. Tujuan jangka pendek akan selalu membawa kita ke gambaran besar di masa depan. Ingat, kamu akan selalu dapat mengaudit tujuan kamu dengan sering memeriksa poin-poin berikut di media sosial kamu.

-Follower
-Traffic
-Subscriber
-Page Likes

Masing-masing poin-poin ini mewakili kondisi pemasaran kamu saat ini, jadi sangatlah penting untuk menetapkan sasaran pada setiap poin pada jangka waktu yang realistis.

 

Ingat, pemasaran media sosial tidak mudah, tetapi selama kamu terus berusaha membuat, mengatur, dan mengedit, dan fokus pada agenda harian, tujuan mingguan, dan bulanan, kamu akan melihat ROI yang mengejutkan di masa mendatang.

 

 

Selanjutnya : Membina Hubungan Dengan Pelanggan
Sebelumnya: Iklan Online

 

About the author

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: