Semua Tentang Toko Online?

Semua Tentang Toko Online? Toko Toko Media

Kita sekarang berada di dunia digital dimana bisnis online mengambil alih penjualan barang secara fisik. Hal ini tentu saja bukan sesuatu yang mengejutkan, bisnis online memiliki lebih banyak keunggulan dibanding dengan proses “Brick and Mortar”. “Brick and Mortar” adalah proses penjualan atau sistem bisnis dimana konsumen melakukan transaksi pada toko-toko dengan mendatangi tempat secara langsung. Toko online lebih mudah untuk dikelola dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Singkatnya, toko online lebih menguntungkan baik itu bagi pembeli, penjual, dan pengecer.

 

Tiga pilihan cara untuk memulai sebuah toko online

Sebagai mana melakukan penjualan produk secara fisik, berjualan di dunia maya memiliki banyak macam dan cara.  Kita dapat menggunakan situs sosial media, market place, ataupun mendirikan website toko online kita sendiri. Mari kita lihat setiap pilihan yang tersedia secara lebih terperinci.

Sosial media di Toko Toko Media

Sosial media

Sosial media adalah platform termudah untuk mempromosikan suatu produk. Melalui platform sosial media, teman-temanmu ataupun bahkan seseorang yang tertarik pada posting kamu dapat membantu menyebarkan berita tentang produk dan layananmu. Dalam hal ini, bahkan bila kamu tidak memiliki website online store, kamu tetap dapat menyebarkan informasi tentang produk kamu kepada dunia. Instagram, facebook, dan twitter, juga dapat digunakan untuk menyebarkan informasi serta latar belakang toko dan produk kamu.

Namun disisi lain, melakukan penjualan melalui sosial media adalah sulitnya mengatur pesanan secara online. Untuk memproses pesanan kamu harus memiliki/ menggunakan platform lain untuk menerimadan mengirimkan pesanan.

Market place di Toko Toko Media

Market Place

Seperti di bazaar, bazaar di dunia online dikenal sebagai market place. Sebagai contohnya adalah Amazon dan Tokopedia, dimana mereka menawarkan platform kepada kamu untuk membuat akun dan mengalokasikan tempat untuk berjualan.  Kita dapat dengan mudah membuat akun dan menempatkan produk yang ingin kita jual. Dan, ketika seorang calon pembeli masuk ke sebuah market place untuk mencari produk, produk kamu akan ditampilkan dalam hasil pencarian produk.

Tapi cara ini juga memiliki kekurangannya sendiri, dimana sedikitnya peluang untuk memberikan warna berbeda maupun identitas toko pada toko kamu. Selain itu, produk kamu akan ditampilkan bersama dengan produk dari penjual lainnya. Dikarenakan banyaknya pesaing yang menjual produk serupa di lokasi yang sama, dapat membuat harga jual produk menurun.

Jadi, bagaimana kamu bisa menjaga harga agar tetap dapat bersaing dan tetap mendapatkan pelanggan?

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus memiliki toko kita sendiri!

 

Miliki toko online kamu sendiri di Toko Toko Media

Miliki toko online kamu sendiri

Keuntungan dari memiliki toko online kamu sendiri adalah kepemilikan secara penuh dan dapat melakukan kustomisasi. Memudahkan kamu membangun image produk dan toko kamu sebagai sebuah “Merek Jual”. Dengan membuat toko online kamu sendiri, kamu dapat dengan mudah melakukan kustomisasi toko sesuai dengan gaya kamu sendiri: kamu dapat memuat nama toko, menentukan warna toko, mengorganisasi produk kamu, dan melakukan penentuan tampilan sesuai dengan keinginan kamu sendiri. (Untuk infomasi lebih detail mengenai cara menentukan nama dan warna toko dan produk, harap baca juga artikel, Metode Rahasia Pencintraan Merek Toko.)

Mungkin kedengarannya sedikit ribet, tetapi jika kamu belajar dengan benar tentang cara membangun toko online kamu sendiri, kamu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan jangka panjang dibanding membuka toko di market place ataupun berjualan di sosial media.

 

Branding adalah kunci sukses

Jadi, apa pilihan terbaik untuk memulai bisnis online? Hal ini tergantung dari apa yang kamu benar-benar inginkan dan butuhkan. Kamu dapat mulai dengan menggunakan media sosial untuk melihat apakah bisnis ini cocok dengan kamu. Setelah itu, kamu dapat membuka toko kamu sendiri jika kamu sudah tahu pilihan apa yang benar benar cocok dengan kamu: sebar berita ke teman kamu melalui media sosial, beri tahu pelanggan toko kamu di market place untuk mengunjungi toko Anda . Pada akhirnya, itu adalah toko kamu.

Pada artikel berikutnya, kita akan mempelajari cara membuat dan membangun toko online sebagai merek dagang yang kuat. Mari mulai perjalanan kamu!

 

 

Selanjutnya :  Melakukan Riset Pasar

About the author

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: