Tidak perlu lagi menyetok barang!

Ketika kamu mulai merencanakan membuka bisnis online, kamu mungkin merasa sedikit ragu karena sedikitnya modal yang kamu miliki atau bahkan kamu tidak ingin menghabiskan banyak modal pada investasi pertamamu. Sekarang kamu tidak perlu  khawatir lagi karena kami memiliki metode efektif yang dapat membantu kamu memulai bisnis online-mu. Yaitu Drop Shipping.

Tidak ada stok adalah cara manajemen risiko yang efektif

Apa itu Drop Shipping?

Pada dasarnya, drop shipping adalah proses pengiriman barang ke pihak pembeli secara langsung oleh pihak pemasok yang merupakan pihak ketiga atau “vendor”. Proses ini dilakukan tanpa perantara ataupun proses penyetokan barang di lokasi tertentu.

Drop shipping hampir sama dengan bisnis pengecer yang mungkin sudah kamu sering dengar. Namun, dalam kasus drop shipping, penjual tidak perlu untuk menimbun atau menyetok barang, dan juga tidak perlu berpartisipasi dalam proses pengemasan dan pengiriman barang ke pihak pembeli. Pihak penjual hanya perlu memproses pesanan yang diterima dari pembeli kepada pihak pemasok barang. Selanjutnya pihak pemasok akan mengirimkan barang kepada pihak pembeli atas nama penjual.

Biasanya pemasok akan memberikan berbagai gambar model atau foto produk, deskripsi barang, dan tentu saja harga produk. Kamu dapat mengatur harga jual yang kamu inginkan berdasarkan informasi yang diberikan oleh pihak pemasok dan menggunakannya sebagai konten promosi.

Struktur pengiriman drop

 

Apa keuntungan dari Drop Shipping?

 

  • Modal kecil
  • Mudah dijalankan
  • Lokasi dan waktu penjualan yang fleksibel
  • Pilihan produk yang dijual sangat bervariasi

Wah! Bukankan tampaknya sangat mudah untuk memulainya? Yup benar. Namun harap diingat bahwa meskipun kamu menjual semua barang yang terdapat pada daftar produk pemasok, tidak dapat memastikan bahwa penjualan kamu akan meningkat. Kamu harus sangat berhati-hati untuk menentukan produk apa yang ingin kamu jual dan konsekuensinya. Silakan juga periksa artikel-artikel di bawah ini untuk membantu kamu menentukan produk utama kamu.

Melakukan Riset Pasar
Temukan Niche Market
Metode Rahasia Pencintraan Merek Toko

Setelah kamu benar-benar yakin dengan pilihan produk, target pasar, dan kondisi pasar, langkah selanjutnya adalah mencari sumber pemasok.

Bagaimana cara mencari pemasok?

Seorang pemasok yang baik haruslah cepat tanggap, harga yang ditawarkan harus murah, memberikan komisi yang jelas (termasuk harga khusus / diskon), dapat dipercaya, memiliki lokasi pengiriman dekat dengan pasar, kualitas produk yang tinggi, memiliki banyak stok produk, dan tidak merebut pelanggan.

Untuk menemukan pemasok yang baik, kamu perlu untuk mengecek beberapa detail seperti berikut:

  • Daftar dan harga barang
  • Opsi pembayaran
  • Opsi tambahan
  • Metode pengiriman
  • Area pengiriman
  • Detail pengemasan
  • Kebijakan pengembalian barang

Perlu diingat bahwa pemilik toko online tidak ikut campur dalam proses pemeriksaan kualitas barang dan proses pengiriman barang. Jadi, sangat penting untuk memeriksa ulasan pihak pemasok di internet, di media sosial maupun forum sebelum kamu mulai menghubungi mereka.

Kamu juga harus siap menerima komplain jika ada keterlambatan atau hambatan lain dalam proses pengiriman barang, kamu harus memberikan pertanggung jawaban kepihak pembeli / pelanggan.

Apalagi jika produk tidak sesuai dengan harapan pembeli, kamu bisa mendapat keluhan dan tanggapan negatif dari pembeli.

Sebagai pelaku drop shipper, kamu harus terampil dalam memilih pemasok yang dapat diandalkan dengan kualitas dan keakuratan yang terbukti.

Di mana kamu dapat menemukan pemasok?

Berikut adalah daftar onine marketplace dimana kamu dapat menemukan pemasok utama di Indonesia.

Kaskus
Tokopedia
Shopee
Bukalapak
AliExpress
Ralali 

Kamu dapat mencari pemasok dari media sosial. Tapi haruslah diingat, lakukan penelitian dengan cermat dan temukan pemasok yang terbaik untuk bisnis kamu.

 

 

Selanjutnya : Permasalahan keamanan yang sering di temukan pada Drop Shipping
Sebelumnya : Apakah Busnis Online Anda Legal?

About the author

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: